Tata Cara Pembuatan Passport Online - Imigrasi Batam
Mudahnya Pembuatan Paspor Online
Internet memang mempermudah hidup manusia dalam banyak hal, salah satunya dalam kepengurusan paspor. Kelebihan pembuatan paspor online dibanding
manual adalah, kita cukup datang dua kali ke kantor imigrasi. Pertama,
untuk pengecekan berkas, pengambilan foto dan wawancara karena pengisian
data sudah dilakukan via online. Kedua, untuk pengambilan
paspor. Sedangkan lewat prosedur manual, kita harus tiga kali datang
(kedatangan pertama untuk pengisian formulir data secara manual), yang
tentu saja memerlukan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya
transportasi.
Pembuatan paspor bisa dilakukan di kantor-kantor imigrasi mana saja di
Indonesia, tidak harus di kantor yang sesuai alamat KTP kita. Saya
sendiri baru saja mengurus paspor pada bulan ini di Kanim
Kelas I Khusus Batam, berlokasi di Jl. Engku Putri No.3, Batam Center, Kepulauan Riau, Indonesia.
1. Pengajuan Permohonan Paspor Online
Langkah pertama membuat paspor secara online, masuk saja ke situs Ditjen Imigrasi, Kemenkumham Republik Indonesia www.imigrasi.go.id. Oiya, saat saya coba mengakses situs ini lewat browser Mozilla dan Google Chrome, sempat beberapa kali gagal input data. Entah mengapa, data baru berhasil tersimpan setelah saya coba dengan Internet Explorer. Adakah yang mengalami hal serupa?
Untuk mengetahui syarat-syarat dan prosedur yang harus dilengkapi, pada laman Beranda pilihlah menu "Layanan Publik" lalu "Paspor Biasa".
Langkah pertama membuat paspor secara online, masuk saja ke situs Ditjen Imigrasi, Kemenkumham Republik Indonesia www.imigrasi.go.id. Oiya, saat saya coba mengakses situs ini lewat browser Mozilla dan Google Chrome, sempat beberapa kali gagal input data. Entah mengapa, data baru berhasil tersimpan setelah saya coba dengan Internet Explorer. Adakah yang mengalami hal serupa?
Untuk mengetahui syarat-syarat dan prosedur yang harus dilengkapi, pada laman Beranda pilihlah menu "Layanan Publik" lalu "Paspor Biasa".
Beranda > Layanan Publik > Paspor Biasa |
Enam jenis berkas yang harus disiapkan untuk mengurus paspor:
- KTP dan fotokopinya dengan size A4 (timbal balik)
- Kartu keluarga (KK) dan fotokopinya
- Salah satu akte kelahiran/ ijazah/ surat nikah/ surat baptis dan fotokopinya
- Kertas bukti pembayaran biaya paspor dan fotokopinya sebanyak 3 lembar (akan dijelaskan nanti).
- Tanda terima permohonan (akan dijelaskan nanti)
- Formulir surat perjalanan Republik Indonesia (akan dijelaskan nanti)
Harap diperhatikan, kini berkas-berkas tersebut tidak perlu dipindai dan diunggah saat mengurus paspor online, tapi wajib dibawa saat datang ke kantor imigrasi. Bawa juga berkas aslinya ya, karena akan dicek oleh petugas imigrasi dan dibandingkan dengan data yang tertera di fotokopian!
Setelah mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi, kembalilah ke laman Beranda, lalu gulung layar ke bawah hingga tampak pilihan "Online Services". Klik pada "Layanan Paspor Online".
Setelah masuk ke laman baru Menu Utama, pilihlah "Pra Permohonan Personal". Di sini kita akan diminta mengisi Informasi Pemohon mulai
dari jenis permohonan paspor, kantor imigrasi yang akan kita datangi
untuk mengurus paspor, data kependudukan, data fisik, sampai alamat e-mail.
Isi semuanya dengan lengkap dan benar, misalnya nama harus sesuai dengan yang tercantum di kartu identitas. Isi juga alamat e-mail yang masih aktif, karena usai mendaftar via online kita akan menerima e-mail berisi informasi tentang prosedur berikutnya.
Kalau semua sudah terisi, klik "Lanjut" dan akan muncul laman baru Informasi Pemohon. Di sini akan diminta mengisi data tentang keluarga kita (ayah, ibu, suami/ istri).
Setelah selesai mengisinya, klik "Lanjut". Akan tampil laman Informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan.
Cek ulang data yang ada sudah benar atau belum. Bila masih ada yang
keliru, bisa diperbaiki dengan klik "Kembali". Kalau sudah benar,
perhatikan bahwa di laman ini juga tertera biaya pembuatan paspor
sebesar Rp 355.000 yang harus dilunasi terlebih dulu melalui Bank BNI,
serta pilihan jadwal kedatangan ke kantor imigrasi.
Isi kotak captcha sesuai kode yang diberikan, lalu klik "OK".
Selanjutnya, kita akan menerima e-mail konfirmasi pendaftaran dari Ditjen Imigrasi. Di dalamnya terlampir "Bukti Pengantar ke Bank" yang harus kita unduh dan cetak.
Pelunasan biaya paspor bisa dilakukan via ATM atau mendatangi cabang BNI terdekat. Bila memilih opsi kedua, tunjukkan print out "Bukti Pengantar ke Bank" pada petugas bank, lalu lunasi biayanya. Fotokopilah kertas tanda bukti pembayaran (3 lembar).
Setelah biaya dilunasi, buka kembali e-mail konfirmasi tadi dan klik "Lanjut" atau link yang ditandai untuk melanjutkan proses pembuatan paspor.
Akan muncul laman Informasi Kedatangan di Kanim di mana kita bisa memilih satu tanggal kedatangan di kanim. Lalu, klik "Lanjut" untuk menuju laman berikutnya yaitu Verifikasi. Isi kotak captcha sesuai kode yang diberikan, kemudian klik "OK".
Selanjutnya, kita akan menerima e-mail dengan lampiran "Tanda Terima Permohonan" dan "Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia untuk Warga Negara Indonesia" yang harus diunduh dan dicetak. Kedua berkas ini harus dibawa saat kita datang ke kanim. Baca dengan cermat dan patuhi apa-apa tercantum dalam tanda terima permohonan. Isilah data yang masih kosong di formulir surat perjalanan. Siapkan juga satu buah meterai Rp 6000 untuk dibawa ya.
Isi semuanya dengan lengkap dan benar, misalnya nama harus sesuai dengan yang tercantum di kartu identitas. Isi juga alamat e-mail yang masih aktif, karena usai mendaftar via online kita akan menerima e-mail berisi informasi tentang prosedur berikutnya.
Kalau semua sudah terisi, klik "Lanjut" dan akan muncul laman baru Informasi Pemohon. Di sini akan diminta mengisi data tentang keluarga kita (ayah, ibu, suami/ istri).
Input Informasi Pemohon |
Informasi Pembayaran & Konfirmasi Permohonan |
Selanjutnya, kita akan menerima e-mail konfirmasi pendaftaran dari Ditjen Imigrasi. Di dalamnya terlampir "Bukti Pengantar ke Bank" yang harus kita unduh dan cetak.
Bukti Pengantar ke Bank |
Setelah biaya dilunasi, buka kembali e-mail konfirmasi tadi dan klik "Lanjut" atau link yang ditandai untuk melanjutkan proses pembuatan paspor.
Akan muncul laman Informasi Kedatangan di Kanim di mana kita bisa memilih satu tanggal kedatangan di kanim. Lalu, klik "Lanjut" untuk menuju laman berikutnya yaitu Verifikasi. Isi kotak captcha sesuai kode yang diberikan, kemudian klik "OK".
Selanjutnya, kita akan menerima e-mail dengan lampiran "Tanda Terima Permohonan" dan "Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia untuk Warga Negara Indonesia" yang harus diunduh dan dicetak. Kedua berkas ini harus dibawa saat kita datang ke kanim. Baca dengan cermat dan patuhi apa-apa tercantum dalam tanda terima permohonan. Isilah data yang masih kosong di formulir surat perjalanan. Siapkan juga satu buah meterai Rp 6000 untuk dibawa ya.
2. Pengurusan Paspor ke Kantor Imigrasi
- Pergilah ke Costumer Service untuk mengambil nomor antri.
- Ambil Formulir di loket formulir, jangan lupa untuk membawa pena dan lem
- Setelah nomor kita dipanggil, pergilah ke tempat costumer service menyerahkan dokumen yang kita siapkan sebelumnya
- kita akan mendapatkan nomor antri yang baru untuk pemotretan, tunggu sampai nama kita dipanggil kemudian serahkan nomor antri tersebut kepada petugas didekat pintu photo untuk ambil dokumen yang diserahkan sebelumnya kepada costumer service, baru kemudian di photo.
- Untuk pakaian, jangan menggunakan warna putih, jangan menggunakan sandal bisa di omel sama orang imigrasi :)
Prosedur berikutnya adalah mendatangi kantor imigrasi (kanim) untuk
pengecekan data, pengambilan foto dan sidik jari, serta wawancara.
Pastikan semua berkas yang dibutuhkan (silakan lihat lagi enam jenis
berkas di poin nomor 1) sudah dibawa, termasuk fotokopinya.
Datanglah sesuai jadwal dan sepagi mungkin supaya dapat nomor antrean kecil. Tambahan info, jumlah antrean pembuatan paspor online dibatasi sampai 200 pemohon/ hari, sedangkan pemohon yang melalui proses manual malah lebih sedikit lagi jatah antreannya, 75 pemohon/ hari.
Sebagian pengunjung yang belum tahu soal ini dan tiba terlalu siang di kanim kadang-kadang sudah kehabisan kuota hari itu. Akibatnya, terpaksa harus kembali di lain hari. Makin cepat datang, makin cepat urusan selesai. So, be there as early as you can.
Datanglah sesuai jadwal dan sepagi mungkin supaya dapat nomor antrean kecil. Tambahan info, jumlah antrean pembuatan paspor online dibatasi sampai 200 pemohon/ hari, sedangkan pemohon yang melalui proses manual malah lebih sedikit lagi jatah antreannya, 75 pemohon/ hari.
Sebagian pengunjung yang belum tahu soal ini dan tiba terlalu siang di kanim kadang-kadang sudah kehabisan kuota hari itu. Akibatnya, terpaksa harus kembali di lain hari. Makin cepat datang, makin cepat urusan selesai. So, be there as early as you can.
Sebaiknya berpenampilan rapi dan formal, supaya foto paspor kita nanti terlihat kece. Haha.. Oiya, berhubung latar foto paspor berwarna putih, kenakan pakaian atau hijab dengan warna selain putih ya. Boleh juga bawa minuman, bacaan, atau gadget untuk main game, lumayan buat mengisi waktu selama menunggu antrean. Daripada bengong manyun. :)
Perhatikan adanya loket-loket terpisah untuk pemohon paspor online dan manual. Saat nomor antrean kita dipanggil ke loket, tunjukkan berkas yang diminta. Petugas loket akan memasukkan berkas tersebut ke dalam map yang harus kita bawa ke counter berikutnya. Kita akan dapat nomor antrean baru untuk counter itu.
Counter berikutnya adalah tempat pengambilan foto dan sidik jari. Usahakan profil wajah terlihat jelas supaya mudah dideteksi oleh program pengenalan wajah di komputer. Yang punya poni lempar, harap disibakkan dulu yang rapi, jangan menutupi mata segala, hihi. Yang berhijab juga diatur saja jangan terlalu menutupi dahi atau pipi.
Profil wajah yang sulit dideteksi bisa menyebabkan pengambilan foto harus diulang berkali-kali. Ini saya lihat terjadi pada seorang perempuan berhijab yang difoto tepat satu nomor antrean sebelum saya. Untuk memudahkan pengambilan data sidik jari. Sebaiknya tangan bersih dan kering, jangan dipakaikan pelembab.
Usai pengambilan foto dan sidik jari, ada wawancara singkat seputar
pekerjaan, negara tujuan, dan keperluan kita. Seluruh berkas juga akan
diverifikasi di sini. Setelah input data, kita akan diminta mengecek ulang data di layar komputer. Kalau data kita sudah sesuai, petugas counter akan memberikan print out surat pengambilan paspor dan menginformasikan kapan paspor selesai dibuat.
3. Pengambilan Paspor
Menurut pengalaman saya tempo hari, paspor sudah bisa diambil tiga hari setelah pengajuan di kanim. Usahakan datang pagi karena loket pengambilan paspor ditutup pukul 12.00. Jangan lupa serahkan surat pengambilan paspor pada petugas loket ya.
Pengambilan paspor boleh diwakili orang selain si pemohon, asalkan masih terdaftar dalam KK yang sama dan menunjukkan KTP asli pada petugas loket. Bila tidak bisa segera mengambil paspor, jangan tunda terlalu lama karena paspor yang tidak diambil setelah lebih dari 30 hari akan dimusnahkan.
Semoga pengalaman yang saya bagi di sini bisa bermanfaat. Bila ada tambahan info atau sharing pengalaman, silakan berbagi di kotak komentar yaa. :D
Paspor baru saya! :D |
Brp lama buat paspor nya say ? Saya masih agak bingung
ReplyDeleteTidak sampai 1 minggu sudah jadi sist
ReplyDeleteKertas tanda bukti pembayaran yg difotokopi itu stelah kita lunasin pembayaran ya kak? Terus kenapa harus 3 lembar fotokopiannya?
ReplyDeleteKalau bukan penduduk asli batam bisa ya bang?
ReplyDeletesaya sdh brp x ikut prosedur diatas, tapi muncul situs tidak terjangkau. itu kenapa ya mba
ReplyDeletegimana tau kalo paspor kita sudah siap apa belum ya ?
ReplyDeleteTop markotop di batam da perubahan dikit untuk pengambilan no. antrian mulai jam 0800-1400, mulai pengambilan passport jam 1000-1700
ReplyDeleteKl ktp bukan batam bs daftar online jg kah? Perlu perstaratan apa aj ya.. terima kasih
ReplyDeleteKl ktp bukan batam bs daftar online jg kah? Perlu perstaratan apa aj ya.. terima kasih
ReplyDeleteHi Indah, KTP elektronik bisa di pakai untuk pembuatan paspor diseluruh indonesia. tinggal urus surat domisili saja.
Deletesitus online pengurusan passport nya gak bisa di akses...
ReplyDeleteUntuk sementara memang pembuatan passport online mengalami kendala system diseluruh indonesia, saya sarankan untuk membuat pasor menggunakan aplikasi whatsapp untuk antriannya.
DeleteKisaran Harga
Paspor elektronik Rp 500.000 - 600.000
Passpor 48 halaman Rp 300.000 - Rp 400.000
Paspor 24 Halaman Rp 150.000 - Rp 200.000
Untuk sementara pembuatan passport onlinenya terkendala seluruh indonesia :)
ReplyDeletesystemnya belum di ketahui kapan akan berakhir
Berikut ini saya update mengenai cara memperpanjang passport menggunakan aplikasi whatsapp silahkan dilihat
ReplyDeletehttps://allaboutyoubatam.blogspot.co.id/2017/09/cara-memperpanjang-pasport-di-imigrasi.html
ASSALAMU ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATU...
ReplyDeleteSalam sejahterah bagi kita semua...
Mohon maaf bilah kedatangan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya agus sodikin asal surabaya seorang mantan TKI dulu kerja di pabrik triplek malaysia selama 4 tahun lamanya. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kpd pak h.cahyono atas bantuan beliau melalui pemasangan nombor togel 6D nya alhamdulillah saya menang RM,450.000 selama 3X pusingan, saya tidak menyangka kalau saya bisa seperti ini dan ini semua berkat bantuan pak h.cahyono, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyaknya orang yg perna saya pon dari google untuk minta bantuannya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak. Beliau juga bisa bantu melalui Uang gaib/Bank gaib tanpa tumbal, Uang balik, Pelet, Pelaris, Nomer togel 3D/4D/6D.. Bagi saudara yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah pon pak h.cahyono di nombor +6285 213 737 273 / WhatsApp 085213737273 insya alloh beliau pasti membantu anda seperti saya. Demi alloh inilah kisah nyata sye.. Sekian dan terima kasih atas tumpangannya semoga dengan adanya pesan singkat ini bisa bermanfaat...
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
ReplyDeleteSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------